+ Friday 21 December 2012

LONTEMART a ripped-off tee project by anonymous SMG vandal artist


Mungkin kalian cukup familiar dan aware dengan logo ini, Yaps! Ini adalah sebuah logo perusahaan ritel LOTTEMART asal Korea yang membuka cabang di beberapa negara dunia dan Indonesia salah satunya. Vandal Artist asal Semarang yang cukup dikenal karena ciri khasnya dalam berkarya di ruang publik selalu menggunakan Wheatpaste kali ini bermain di medium kaos, karena menurut dia dengan  menuangkan karya pada medium kaos sebuah seni tidak hanya bisa di lihat namun juga bisa di kenakan, berekspresi dan mengkomunikasikan sebuah pesan. Mungkin kalian sudah bertanya siapa creator dibalik proyek ini, namun sayang kita ga bisa menyebutkan nama sang seniman, karena sang seniman tidak ingin di sebutkan identitasnya dan lebih ingin dikenal sebagai anonim, biarkan karyanya yang lebih berbicara. Berikut sedikit interview dengan sang Vandal Artist.

Hal apa yang membuat Anda tercetus untuk membuat desain ini?
Jadi, di salah satu lokasi tempat saya tinggal yaitu kota Semarang pernah berdiri sebuah supermarket dengan nama Makro, lalu lokasi tersebut di jual dan di akuisisi oleh jenis usaha yang sama yaitu supermarket namun dengan nama atau merk baru yaitu LotteMart yang berasal dari negara Korea. Lalu tidak lama setelah LotteMart mulai menjalankan usahannya, ada beberapa masyarakat Semarang yang dengan maksud tujuan bercanda suka mengganti nama depan dari usaha tersebut dengan istilah 'LONTE' dan tetap berakhir dengan 'Mart'. 

Karena seringnya saya mendengar dan mengamati kebiasaan masyarakat lokal Semarang menyebutkan hal tersebut, kemudian saya yang juga bukan penduduk asli Semarang bertanya kepada mereka apa arti dari istilah LONTE? Pengertian LONTE sendiri dalam bahasa Indonesia adalah PSK (Pekerja Seks Komersial). Jadi bisa di bilang karena kota Semarang memiliki sebuah istilah lokal yang mirip dengan nama usaha ini, menjadikan salah satu candaan baru buat mereka dengan sebutan LONTEmart dan karena hal ini lucu serta bisa membuat orang yang melihatnya (yang paham artinya) bisa tertawa, hal ini menginspirasi saya untuk membuat sebuah desain dan menuangkannya ke sebuah kreatif medium T-shirt, menjadikan sebuah karya yang bisa di kenakan dan dapat mengekspresikan sebuah komunikasi. (@anandanegara)



Apakah Anda membuatnya dalam jumlah banyak?
Untuk saat ini saya hanya membuat 2 t-shirt, untuk saya sendiri dan partner saya.

Selain nama 'LOTTE' berubah menjadi 'LONTE', apakah ada elemen lain yang Anda rubah?
Ada. Pada tagline mereka yang  bertuliskan "WHOLESALE" memilki arti menjual apa saja, di rubah menjadi "WHORESALE" yang memiliki pengertian "Obral PSK",  menggunakan istilah tersebut untuk menguatkan pengertian awal dari LONTE itu sendiri yang berarti PSK/Pelacur/Bitch.

Anda tidak takut jika Perusahaan LOTTEmart menggugat Anda, atas tindakan pelecehan logo?
Tidak, karena saya akan tetap di kenal sebagai Anonim. Jikapun mereka tahu, hal ini cukup membuang tenaga, uang dan waktu percuma hanya untuk mempermasalahkan hal seperti ini. Yang lebih penting bisa membuat orang lain tertawa dan memberikan kebahagiaan.

0 comments:

Be first shouter for this shit